Gizi Penduduk Bumi Timur

“Kenapa Tuan murung saja dari tadi. Saya perhatikan baik-baik mata Tuan, hanya badan tuan yang masih di altar ini, pikiran Tuan jauh melayang entah ke mana.”

Kau suguhkan juga teh itu Isa. Kau rupanya memerhatikanku dari tadi. Sungguh aku tidak menyadari keberadaanmu. Hidangan itu susu dan roti gabin.

“Bawa ke belakang lagi susu hangat itu, Isa.”

“Kenapa Tuan.”

“Satu orang penduduk bumi timur lagi sedang belajar berhenti minum susu kental, Isa.”

Kau tidak bertanya. Kau meninggalkanku dan kembali membawa madu murni hangat yang sudah diadukkan dengan air putih.

“Apa gerangan yang sudah merisaukan pikiran Tuan, sehingga sedalam dan setidak itu murung Tuan.”

Aku ingin menyimpannya untuk diriki sendiri kebenaran yang sudah aku terima, Isa. Ingin aku mengabaikan saja fakta itu, tapi semakin aku abaikan semakin membuat aku murung. Tentang apa yang aku anggap bergizi selama ini, rupanya bibit penyakit yang tumbuh.

“Aku khawatirkan penduduk bumi timur yang bernama Indonesia, Isa. Kita selalu saja diobok-obok oleh iklan televisi, hingga kita percaya bahwa apa yang ada diiklan itu adalah benar.”

“Aku belum paham, Tuan.”

“Kamu bakal paham dengan sendirinya Isa. Biar aku ceritakan kepadamu bagaimana isi dari buah pikiran ini menggangguku, Isa.”

Salah satu pembahasan pada sesi diskusi ini yang paling menarik pembahasan susu kental manis. Kita terbiasa mengkonsumsi kental manis dalam berbagai merek dan kita beranggapan itu benar-benar susu. Padahal sebenarnya itu bukanlah benar-benar susu. Kadar gulu cukup tinggi.

Fakta di lapangan banyak yang umur baru rentang 30 sampai 40, tetapi sudah mendapatkan diabetes. Itu disebabkan konsumsi gula yang terlalu berlebihan baik, terutama dalam label susu kentang manis.

Susu ada peringatan khusus, baik SKM, AHT, susu bubuk, tidak cocok untuk mengganti ASI. Tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi.

protein dalam susu kental manis hanya 8 persen. Kandungan terbanyak adalah gulu dan air. Keterbatasan latar pendidikan dan bombastis iklan di telivisi yang melakukan framing susu kental manis, susu bubuk adalah susu murni, salah satu faktor yang membuat masyarakat keranjinan mengkonsumsi susu kental manis secara harian, bahkan jadi konsumsi wajib bayi dan anak-anak.

“Baru sebagian yang aku ceritakan, Isa. Sungguh semakin aku ceritakan semakin aku tidak kuat.”

Tema: Peduli Gizi Anak Menuju Generasi Emas 2045 Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2019

Penyelenggara Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Barat Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia

@sahabatyaici
@aulhowler
@aliviaawin
@terryselvy
@imyonie

@sahabatyaici #PanganSehat #BijakPakaiSusuKentalManis #KentalManisTopping #AwasiIklanSKM #larangpromosiminumantunggalSKM #KentalManisBukanMinuman

Published by Alizar Tanjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *